Analisis Frekuensi dan Transien

Sinopsis:

Buku rangkaian listrik ini disusun berdasarkan referensi dari berbagai buku tentang rangkaian listrik. Buku ini disusun menjadi 4 Bab yang memberikan pengertian dasar respon frekuensi, rangkaian kopling magnetic dan rangkaian transien.

Pada buku ini penulis menekankan dasar teori frekuensi kompleks sinyal sinusoidal serta respon frekuensi dan resonansi rangkaian RLC. Kemudian membahas tentang rangkaian kopling magnetic dan rangkaian transien orde 1 dan 2. Buku ini juga dilengkapi contoh persoalan serta soal-soal, sehingga buku ini dapat digunakan belajar diperkuliahan maupun digunakan mahasiswa belajar secara mandiri untuk memperdalam analisis rangkaian listrik.

Sinopsis:

Buku rangkaian listrik ini disusun berdasarkan referensi dari berbagai buku tentang rangkaian listrik. Buku ini disusun menjadi 3 Bab yang membahas tentang konsep dasar arus, tegangan serta hukum-hukum dan metode analisis rangkaian.

Pada buku ini penulis menekankan dasar teori dan contoh persoalan serta soal-soal, sehingga buku ini dapat digunakan belajar diperkuliahan maupun digunakan mahasiswa belajar secara mandiri untuk memperdalam analisis rangkaian listrik.

Sinopsis:

Buku ini disusun berdasarkan referensi dari berbagai buku tentang Kemajuan teknologi semikonduktor dan pergeseran ke arah elektronik digital yang sangat terintegrasi telah mengurangi pengetahuan dasar teknik analog di banyak laboratorium, universitas, dan akademi teknik. Sering melihat kurangnya pengetahuan praktis dalam desain rangkaian analog,

terutama yang berkaitan dengan teknik terapan, pengujian dan pengukuran serta pemahaman tentang penyaringan dan peredaman kebisingan. Oleh karena itu, sebagai ahli di bidang ini, melihat kebutuhan akan buku pegangan teknis yang jauh lebih komprehensif yang dapat digunakan sebagai referensi oleh perancang perangkat keras dan mahasiswa.

Buku ini disusun menjadi 3 Bab yang membahas tentang aturan daya, kalang umpan balik, metode-metode pengukuran DC-DC.

Sinopsis:

Buku ini disusun berdasarkan referensi dari berbagai buku tentang Kemajuan teknologi semikonduktor dan pergeseran ke arah elektronik digital yang sangat terintegrasi telah mengurangi pengetahuan dasar teknik analog di banyak laboratorium, universitas, dan akademi teknik. Sering melihat

kurangnya pengetahuan praktis dalam desain rangkaian analog, terutama yang berkaitan dengan teknik terapan, pengujian dan pengukuran serta pemahaman tentang penyaringan dan peredaman kebisingan. Oleh karena itu, sebagai ahli di bidang ini, melihat kebutuhan akan buku pegangan teknis yang jauh lebih komprehensif yang dapat digunakan sebagai referensi oleh perancang perangkat keras dan mahasiswa.

Buku ini disusun menjadi 4 Bab yang membahas tentang aturan daya, proteksi, tapis, standar keselamatan aplikasi DC-DC.

Sinopsis:

Buku rangkaian listrik ini disusun berdasarkan referensi dari berbagai buku tentang rangkaian listrik. Buku ini disusun menjadi 3 Bab yang memberikan pengertian dasar dan analisis rangkaian dalam keadaan tunak (steady state), khususnya untuk sumber tegangan arus searah (Direct current) dan sumber tegangan arus bolak-balik (Alternating current).

Pada buku ini penulis menekankan dasar teori tentang teorema rangkaian, dasar-dasar AC dan daya pada rangkaian. Buku ini juga dilengkapi contoh persoalan serta soal-soal, sehingga buku ini dapat digunakan belajar diperkuliahan maupun digunakan mahasiswa belajar secara mandiri untuk memperdalam analisis rangkaian listrik.

Sinopsis:

Buku ini disusun berdasarkan referensi dari beberapa buku, hasil penelitian, dan data dari industri yang berkaitan dengan energi baru terbarukan, khususnya pembangkit listrik tenaga suya. Buku ini terbagi menjadi 10 bab yang berkaitan dengan pembangkitan energi listrik dengan tenaga surya, sehingga buku ini dilengkapi dengan pembahasan yang mendalam terkait teknologi konverter, teknik-teknik MPPT, penyimpanan energi dan stabilitas pada sistem PLTS.

Pembaca diasumsikan telah memiliki pengetahuan dasar tentang elektronika dasar, sistem tertanam, elektronika daya, serta dasar pemrograman komputer.

Trafo Daya: Konsep Dasar Magnetik, Material, Isolasi, Prinsip Desain dan Panduan Praktis

Sinopsis:

Transformator ditemukan di hampir semua sirkuit elektronik. Proses konversi dalam elektronika daya memerlukan penggunaan transformator, komponen yang sering kali merupakan item terberat dan paling besar dalam rangkaian konversi. Komponen transformator juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja dan efisiensi sistem secara keseluruhan. Dengan demikian desain transformator daya memiliki pengaruh penting terhadap sistem secara keseluruhan, efisiensi konversi daya dan biaya.  Buku ini diatur sedemikian rupa sehingga mahasiswa insinyur atau praktisi mudah memahami dan mempraktekan secara langsung, didalamnya terdapat contoh kasus yang dapat dilakukan untuk tahap percobaan di awal.

Isi buku ini: (1) Mengenalkan secara dasar tentang magnetic; (2) Bahan magnetic dan karakteristiknya; (3) Tipe-tipe inti magnetik; (4) Pemanfaatan jendela, jenis-jenis kawat magnetik beserta isolasinya; (5) Desain transformator, kemampuan penanganan daya, desain secara keseluruhan; (6) Pengaturan efisiensi transformator, induktor dan kenaikan suhu yang didalamnya terdapat maksimum efisiensi, disipasi, kenaikan suhu; (7) Desain transformator daya, kemampuan menangani daya, aplikasi-aplikasi desain transformator.

Rangkaian Listrik I

Sinopsis:

Buku rangkaian listrik berjudul” Bahan Ajar Rangkaian Listrik I” menyajikan tentang teori-teori rangkaian listrik,ditekankan pada hukum dasar, teorema dan contoh soal besarta penyelesaiannya. Pada buku ini dibagi menjadi 10 bab yang mencakup teori dan permasalahan pada rangkaian. Bab 1 membahas tentang konsep rangkaian listrik, definisi-definisi rangkaian listrik, arus listrik, tegangan, energi, daya, analisis rangkaian serta sistem satuan internasional. Bab 2 membahas hukum-hukum rangkaian listrik yang terdiri dari hukum ohm, hukum kirchoff I, hukum kirchoff II, hubungan seri dan pembagi tegangan, hubungan parallel dan pembagi arus, serta volmeter dan amperemeter. Bab 3 membahas teori metode analisis rangkaian yang dibagi menjadi tiga, analisis node, analisis mesh atau kalang arus, analisis arus cabang. Bab 4 membahas teorema rangkaian diantaranya teorema superposisi, teorema thevenin, teorema norton, teorema milman, teorema transfer daya maksimum dan transformasi resistansi star-delta (Y-∆). Bab 5 membahas teori dasar AC, bentuk gelombang, konsep phasor, bilangan kompleks, arus dan tegangan sinusoidal, impedansi kompleks, diagram phasor, rangkaian seri dan parallel dan admitansi bilangan kompleks. Bab 6 membahas tentang daya pada rangkaian RLC yang terdiri dari daya sesaat, daya rata-rata, daya kompleks dan faktor daya yang didalamnya terdapat perbaikan faktor daya. Pada bagian bab 7 menyajikan tentang frekuensi kompleks dan fungsi transfer, sinyal sinusoidal teredam yang direpresentasikan dengan grafik serta phasor frekuensi kompleks membahas tentang admitasnis dan impedansi. Bab 8 membahas respon frekuensi dan resonansi terdiri dari Rangkaia RL, RC, RLC pada fungsi transfer dalam domain yang dapat mengahsilkan respon frekuensi magnitude, frekuensi phasa dan resonansi. Bab 9 menyajika rangkaian kopling magnetik terjadi antara dua buah loop yang didalamnya terdapat kumparan yang digandengkan. Terbagi menjadi beberapa induktansi diantaranya induktansi sendiri, induktasi bersama sehingga terbentuk sebuah transformator yang memiliki koefisien kopling. Rangkaian transien terdiri dari rangkaian transien orde-1, orde 2 dan respon fungsi paksa orde 1. Pada Setiap babnya terdiri dari teori, contoh soal dan jawaban serta dilengkapi dengan soal-soal untuk dikerjakan.